Tujuan budidaya ikan air tawar konsumsi

Tujuan budidaya ikan air tawar konsumsi - Budidaya adalah Usaha yang bermanfaat dan memberi hasil, suatu sistem yang digunakan untuk memproduksi sesuatu dibawah kondisi buatan.sedangkan untuk Budidaya ikan sendiri adalah salah satu bentuk budidaya perairan yang khusus membudidayakan ikan baik itu dikolam atau tempat lainnya guna untuk menghasilkan bahan pangan, ikan hias, dan rekreasi (pemancingan).
Tujuan budidaya ikan air tawar konsumsi
Tujuan budidaya ikan air tawar konsumsi
Budidaya ikan yang tidak kalah dari ikan konsumsi adalah ikan Hias, Anda bisa melihat banyaknya jenis ikan hias yang beredar di indonesia ini . yang rata-rata indonesia meng ekspor ikan nya keluar daerah seperti ke singapura.

Budidaya merupakan usaha yang bermanfaat dan memberi hasil, atau suatu sistem yang digunakan untuk memproduksi sesuatu dibawah kondisi buatan. Ikan konsumsi adalah jenis – jenis ikan yang biasanya dikonsumsi sebagai pangan oleh manusia. Jadi budidaya ikan konsumsi adalah usaha terhadap jenis – jenis ikan yang dapat dikonsumsi supaya bermanfaat dan memberi hasil. Ikan konsumsi dapat dikelompokkan berdasarkan habitat hidup dan juga berdasarkan upaya memperoleh ikan tersebut.

Pengertian Ikan konsumsi adalah jenis-jenis ikan yang lazim dikonsumsi sebagai pangan oleh manusia. Ikan konsumsi dapat dikelompokkan berdasarkan habitat hidup jenis-jenis ikan yaitu dari laut dan dari perairan di darat. Ikan konsumsi juga dapat dikelompokkan berdasarkan upaya memperoleh ikan tersebut seperti penangkapan langsung dari alam dan hasil pembudidayaan.

Sebenarnya ada banyak sekali ikan yang dapt di konsumsi yang dapat kita temukan di alam. Baik itu di air tawar maupun air laut. ikan konsumsi adalah jenis-jenis ikan yang lazim dikonsumsi oleh manusia sebagai sumber pangan. Ikan konsumsi dapat diperoleh salah satunya dari proses budidaya.

Contoh ikan konsumsi yang sering dibudidayakan antara lain : lele, gurami, nila, mas, bawal dan patin. Ikanikan tersebut dapat dibedakan berdasarkan morfologinya. Pengenalan struktur ikan tidak terlepas dari morfologi ikan, yaitu bentuk tubuh ikan sebagai ciri-ciri yang mudah dilihat dan diingat.

Ikan konsumsi adalah jenis – jenis ikan yang lazim dikunsumsi manusia sebagai sumber pangan. Ikan konsumsi dapat diperoleh salah satunya dari proses budidaya. Jenis ikan yang dapat dikonsumsi ada yang di air laut dan juga ada yang di air tawar. Hal yang harus diperhatikan dalam pembesaran ikan adalah wadah budidaya, pemilihan benih, pemberian benih, dan pola pemberian pakan. Manfaat budidaya ikan konsumsi  bukan hanya untuk kesehatan tapi juga dapat menjadi nilai investasi.

Macam-macam Ikan Konsumsi

Ikan Patin

Ikan Patin
Ikan Patin
Ikan patin hidup di perairan umum, sungai, rawa, waduk dengan perairan agak dalam dan menetap di dasar, untuk dibudidayakan di kolam ikan patin dapat bertahan dikedalaman 2-3 meter. Sifat ikan patin ini  suka bergerombol dan memijah dimusim penghujan. Jenis tanah yang baik adalah tanah liat/ lempung tidak berporos, pH 6 - 8, dengan suhu 26 -28 derajat celsius, air untuk budidaya ikan patin harus jernih tidak boleh keruh, kandungan oksigen 2 – 5 ppm, CO2 tidak lebih dari 12 ppm, kecerahan air 30 – 45 cm, ikan patin baik dibudidayakan pada ketinggian 0 – 200 meter diatas permukaan laut (dpl).

Ikan Gurame

Ikan Guarame
Ikan Guarame
Gurame dapat tumbuh dan berkembang pada perairan tropis maupun subtropis. Secara geografis, habitat ikan gurame tersebar di berbagai negara. Di alam bebas gurame hidup dan tumbuh di sungai-sungai atau rawa-rawa air tawar yang berada pada ketinggian antara 50-600 di atas permukaan laut. Tidak menutup kemungkinan bahwa gurame dapat hidup di air yang sedikit asin. Namun meskipun memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap kondisi lingkungan, gurame lenih cocok hidup di perairan air tawar.

Ikan Bawal

Ikan bawal
Ikan bawal
Untuk mengetahuinya, dilakukan pengamatan di habitat aslinya. Di Brazil, bawal banyak ditemukan di sungai Amazon dan sering juga ditemukan di sungai Orinoko, Venezuela. Hidupnya bergerombol di daerah yang aliran sungainya deras, tetapi ditemukan pula di daerah yang aliran sungainya tenang, terutama saat benih. Untuk menciptakan lingkungan yang baik bagi bawal ada banyak hal yang harus diperhatikan, terutama dalam memilih lahan usaha, di antaranya ketinggian tempat, jenis tanah, dan air.

Ikan Lele

Ikan Lele
Ikan Lele

Lele tidak pernah ditemukan di air payau atau air asin, kecuali lele laut yang tergolong ke dalam marga dan suku yang berbeda (Ariidae). Habitatnya di sungai dengan arus air yang perlahan, rawa, telaga, waduk, sawah yang tergenang air. Ikan lele memiliki alat pernafasan tambahan sehingga memungkinkan lele hidup diperairan yang miskin oksigen. Bahkan ikan lele bisa hidup pada air yang tercemar, misalkan di got-got dan selokan pembuangan.

Ikan Mas

Ikan Mas
Ikan Mas
Ikan mas dapat hidup baik di daerah dengan ketinggian 150–600 meter di atas permukaan air laut (dpl) dan pada suhu 25-30°C. Meskipun tergolong ikan air tawar, ikan mas kadang-kadang ditemukan di perairan payau atau muara sungai yang bersalinitas (kadar garam) 25-30%.

Ikan Nila

Ikan Nila
Ikan Nila
Ikan nila hidup secara berkelompok. Tempat hidup ideal untuk ikan nila adalah di perairan tenang seperti bendungan, sungai dan danau air tawar. Meskipun ikan nila dapat dipelihara di dalam akuarium, mereka tidak akan tumbuh secepat ikan nila yang dibesarkan di kolam atau alam terbuka. Di beberapa daerah, bibit ikan nila ditebarkan di sawah pada musim tanam. Bibit ikan mujair akan tumbuh hingga ukuran konsumsi (12-15 cm) bersamaan saat padi siap panen.

Komentar

  1. terimakasih kak informasinya bermanfaat, jangan lupa juga kunjungi website resmi kami http://bit.ly/2wFUPf3

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciri-ciri Ikan Nila Siap Kawin Banyak

Cara Ikan Bertelur

Cara reproduksi ikan