Spesies Ikan Air Tawar Baru Ini Ditemukan di Indonesia

Spesies Ikan Air Tawar Baru Ini Ditemukan di Indonesia - Sebanyak tujuh spesies ikan tawar baru ditemukan di Indonesia pada rentang waktu 2012 hingga 2016. Jenis-jenis tersebut, tersebar di Jawa, Bali, Sumatera, Sulawesi, hingga Papua, sebagaimana dipublikasiskan di situs BOREA Research Unit (Biology of Aquatic Organism and Ecosystems).

Spesies Baru
Spesies Baru
Tujuh spesies baru itu bernama latin Oxyeleotris colasi Pouyaud, Lentipes ikeae, Lentipes mekonggaensis, Sicyopus rubicundus, Stiphodon annieae, Sicyopterus squamossisimus, dan Stiphodon aureofuscus. Secara umum, ikan-ikan yang hidup di bebatuan dan tumbuhan dasar sungai atau danau itu berukuran 3-4 sentimeter (jantan) dan 4-5 sentimeter untuk betina.

Proses pengungkapan ketujuh jenis ikan baru itu, dilakukan dengan berbagai tahapan selama empat tahun. Hingga akhirnya diakui, melalui publikasi jurnal ilmiah internasional. Penemuan baru ini juga sangat penting untuk melengkapi data keanekaragaman hayati Indonesia yang telah ada sebelumnya.
Spesies Baru
Spesies Baru
Kekhawatiran akan ancaman kepunahan itu muncul dari apa yang telah terjadi pada jenis ikan air tawar asli Sungai Ciliwung. Berdasarkan penelitian LIPI sebelumnya, dari 187 jenis ikan yang ada kini hanya sekitar 20 jenis tersisa. Atau sekitar 92,5 persen telah punah akibat aktivitas manusia dan pencemaran yang terus terjadi.

Agar tidak hilang, seperti halnya kasus ikan-ikan di Ciliwung, Renny berpesan, peran pemerintah sangat penting menumbuhkan kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai. Selain itu, tidak menebar ikan-ikan predator ke tempat yang bukan habitatnya, sangat berguna bagi spesies ikan asli agar tetap hidup.
Spesies Baru
Spesies Baru
Terpisah, Priscillia Hioe, peneliti ekosistem dan biodiversitas perairan dari komunitas Tamboramuda.org, kepada Mongabay Indonesia, Jum’at (12/05/2017) mengatakan, penelitian lebih lanjut mengenai preferensi habitat ikan-ikan temuan baru memang harus dilakukan. Ini dikarenakan, untuk mengelola atau memanfaatkan ikan yang teridentifikasi spesies baru, harus dipahami betul dari mana ikan-ikan itu berasal.

Selama empat tahun meneliti, peneliti dari Indonesia dan Prancis berhasil menemukan tujuh ikan air tawar spesies baru yang habitatnya tersebar di Jawa, Bali, Sumatera, Sulawesi, dan Papua.

Penelitian dilakukan pada 2012-2016. Penelitian dilakukan tim dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan tim dari Muséum national d'Histoire naturelle (MNHN) dan Institut de recherche pour le développement (IRD) Prancis. 
Spesies Baru
Spesies Baru
Renny Kurnia Hadiaty, peneliti Pusat Penelitian Biologi LIPI yang terlibat langsung dalam kolaborasi penelitian, itu mengatakan, ketujuh spesies baru itu berpotensi sebagai ikan hias. 
   
Ketujuh ikan jenis anyar ini adalah Oxyeleotris colasi Pouyaud, Lentipes ikeae, Lentipes mekonggaensis, Sicyopus rubicundus, Stiphodon annieae, Sicyopterus squamossisimus, dan Stiphodon aureofuscus.
    
Renny mengatakan ikan-ikan jenis baru tersebut memiliki warna yang cerah, tajam, dan cantik. Temuan ini tentu sangat penting untuk melengkapi data keanekaragaman hayati yang telah ada dan juga potensinya.

“Ketika diketahui potensi spesies baru ditemukan, maka kita dapat memberikan treatment yang tepat. Seperti apakah potensi ikan tersebut? untuk dikonsumsi, budidaya, atau sifat-sifat yang tidak memungkinkan ikan tersebut dilepaskan di ekosistem tertentu,” ungkap Renny, pada pekan lalu.

Komentar

  1. thank you very much for your information this time, very helpful to us and team


    Umpan Ikan Nilem Babon

    BalasHapus
  2. thank nice infonya sangat membantu, silahkan kunjungi balik website kami http://bit.ly/2QIiGD6

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciri-ciri Ikan Nila Siap Kawin Banyak

Cara Ikan Bertelur

Cara reproduksi ikan