Macam-macam Cara mengawinkan ikan Cupang

Macam-macam Cara mengawinkan ikan Cupang - Bisa dibilang mudah karena bisa dilakukan sediri di rumah. Namun, pada prakteknya, ada hal-hal detil yang harus diperhatikan karena sifatnya yang agresif. Untuk membedakan mana ikan betina atau jantan cukup sederhana. Pejantan cenderung mempunyai sirip yang panjang dengan warna cerah, dan betina bersirip pendek berwarna kusam.
Ikan Cupang View
Ikan Cupang View


Prosedur pengawinannya sebagai berikut :

Seleksi 
Cupang yang baik untuk budidaya harus berumur kurang dari 14 bulan. Baik jantan betina harus berukuran tubuh hampir sama, warna cerah, tidak ada cidera ataupun hilang sisiknya. Insang harus tampak sehat tanpa ada yang bengkak. Maka, untuk memastikan semua ini, membeli indukan harus ditempat yang bereputasi baik. 

Pernyiapan Tempat 
Tempat yang mendukung untuk perkawinan harus memuat air kira-kira 5-10 galon dan terdapat persembunyian, pemisah yang bias dilepas dan pengatur suhu (setting suju berada pada suhu ruang atau 26 derajad Celcius). Pasir atau kerikil tidak perlu ditambahkan. 

Biarkan Ikan Bersosialisasi 
Cara mengawinkan ikan cupang selanjutnya adalah dengan membuat para indukan terbiasa satu sama lain dengan meletakkan mereka pada sisi yang berlawanan wadah. Jika mereka tidak agresif atau mencoba menyerang lewat pemisah, itu artinya kedua ikan merasa saling tertarik. 

Ketika dua ikan saling tertarik, keduanya akan memamerkan siripnya sambil berenang mendekati melalui pemisah. Ikan betina akan memamerkan garis vertikal yang ada ditubuhnya sambil menundukkan kepala. Tidak masalah jika kedua ikan sedikit agresif asal keduanya tidak saling serang. Jika saling serang, pisahkan keduanya dan coba pasangan yang lain.  

Waktunya Perkawinan 
Cara mengawinkan ikan cupang selanjutnya adalah mengawinkan. Ketika kedua indukan telah siap kawin, pejantan akan memulai membuat sarang berupa gelembug, sedangkan betina akan nampak patuh dan perut nampak kembung yang berarti telah siap bertelur. Cupang betina kemudian lepaskan pemisahnya. Kedua ikan akan memposisikan diri dibawah gelembung kemudian saling peluk. Hal ini dilakukan agar telur bisa cepat keluar dari ovipositor ikan betina. Telur yang jatuh akan diambil pejantan dan ditaruh lagi ke gelembung satu per satu. Kedua ikan akan kembali berpelukan berulang kali hingga telur berhenti keluar dari tubuh betina. 

Jika proses bertelu telah usai, awasi betina yang kemungkinan memangasa telurnya sendiri. Telur akan menetas dalam waktu tiga hari. Larva akan nampak keluar dari gelembung. Pada saat seperti ini, indukan harus dikeluarkan dan dipisah seperti sedia kala. 

Pakan dan Pengkondisian 
Anak cupang mesti diberi pakan berupa cacing mini 2 kali sehari. Jaga pakan agar tidak terlalu berlebihan. Ketika berumur satu munggu, cupang bisa mulai diberi baby brine shrimp. Lingkungan wadah juga harus selalu terjaga dengan mengatur suhu 26 derajad Celcius. Tambahkan pakan secara bertahap, dan ketika wadah sudah tidak bisa menampung anak cupang, pindahkan ke tempat yang lebih besar. Minggu pertama merupakan transisi yang paling sulit sehingga banyak yang tidak bisa bertahan. Jadi, kadar kimia, kondisi air dan suhu harus selalu dikontrol. Jika banyak anak cupang yang hidup, berarti berhasil sudah cara mengawinkan ikan cupang.

Memerlukan persiapan saat sebelum ikan cupang bersiap kawin atau pemijahan. Tersebut langkah-langkahnya :

Ikan Cupang Yang Cukup Umur

Saat sebelum ikan cupang dikawinkan jadi terlebih dulu kita menyiapkan ikan cupang yang telah cukup usia. Ikan cupang dengan umur kira-kira 4 bulanan sesungguhnya telah dapat dikawinkan namun hasilnya terkadang tak memuaskan, saya mereferensikan usia ikan cupang yang baik untuk dipijahkan kira-kira 6 bulan keatas.

Tanda tanda ikan cupang siap untuk kawin yakni ada gelembung-gelembung udara ditempat ikan cupang kita bila itu jantan, apabila betina jadi ada bintik putih diperutnya serta perut tampak gendut. Bintik putih serta perut yang gendut adalah sinyal ada telur di dalam ikan cupang betina yang siap untuk dibuahi oleh sang jantan.

Siapkan Tempat Pemijahan atau Tempat Untuk mengawinkan ikan

Tempat pemijahan cupang tidaklah susah diperoleh bahkan juga bahan serta alatnya ada di sekitar kita, nah selanjutnya alat serta bahan yang perlu kita siapkan :

1. Ember/toples/botol
Tentukan yang agak besar supaya bila cupang jantan terlampau galak jadi cupang betina bisa melarikan diri hingga cidera yang dihadapi tak terlampau parah. Ditambah lagi kita tak kan ganti airnya sepanjang ikan bertelur jadi bakal kurangi kotornya air. Tempat yang agak luas juga berperan supaya mereka leluasa waktu kawin kelak. Ukuran yang umum saya gunakan yaitu seukuran toples sisa astor. Namun juga janganlah terlampau besar yah, kelak ikan cupang tak sama-sama lihat serta dapat bisa tidak berhasil kawin.

2. Tempat telur
Tempat telur dapat berbentuk ijuk, tali ravia, gabus, plastik, tanaman air yang mengapung dan lain-lain. Tempat telur fungsinya yaitu untuk ikan jantan menyimpan gelembung tempat telur. Jadi si tersebut gelembung tak gampang pecah serta berhamburan kemana mana. Tempat telur ini nanti bakal kita tempatkan di atas air (mengapung) atau bisa ditempelkan disamping toples sejajar dengan air jadi gelembung bisa melekat disitu.

Cara Menawinkan Si Cupang

Jika bahannya sudah cukup dan si ikanpun juga siap untuk kawin lakukan langkah langkah berikut:

  • Masukkan air bersih ke ember/toples. Simpan di tempat yang sejuk janganlah terkena cahaya matahari secara langsung.
  • Simpan media penyimpan telur diatasnya. Ikat media tersebut supaya posisinya tak beralih.
  • Masukkan ikan jantan terlebih dulu, biarlah sepanjang 5-10 menit supaya menyesuaikan diri.
  • Masukkan ikan betina ke gelas sisa air mineral (gelas aqua sisa) selanjutnya simpan di tengah tengah ember, supaya ikan jantan memandang ikan betina serta menjauhi serangan ikan jantan, istilahnya PDKT dahulu lah hoho. Biarlah ikan jantan memikat ikan betina dengan memamerkan siripnya. Biarlah sepanjang satu hari, hingga cupang jantan keluarkan gelembungnya.

Komentar

  1. terimakasih infonya sangat menari, jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2nPYhzK

    BalasHapus
  2. sebelum mengawinkan ada baiknya dijodohkan terlebih dahulu, caranya disini : cara menjodohkan ikan cupang

    untuk info seputar ikan cupang yang lain ada di sini : ikan cupang sehat
    mampir juga ya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciri-ciri Ikan Nila Siap Kawin Banyak

Cara Ikan Bertelur

Cara reproduksi ikan