Pembenihan Ikan Mas

Pembenihan Ikan Mas-Pemilihan calon indukan merupakan hal vital bagi usaha budidaya pembenihan ikan mas, sukses tidaknya hasil pembenihan ditentukan oleh kualitas indukan ikan.
Ikan Mas

Cara Pembenihan Ikan Mas

1. Bobotnya sudah mencapai 500 g/ekor biasanya induk jantan sudah mengandung sperma, tetapi induk betina belum mengandung telur.

2. Tanda lain dapat dilihat dari warna, gerakan dan ukuran tubuh.

3. Cara termudah membedakan jantan dan betina ikan mas yaitu dengan memijat alat kelaminnya. Bila keluar cairan berwarna putih susu, maka indukan jantan karena cairan tersebut adalah sperma.

4. Sementara itu, bila tidak keluar cairan warna purih susu, itu manandakan bahwa ikan tersebut berkelamin betina. Bila dipaksakan akan keluar kotoran (feses).

Pemeliharaan Induk Pembenihan Ikan Mas

Tabel Perbedaan Jantan dan Betina
Pemeliharaan induk adalah kegiatan memelihara calon induk atau induk yang sudah dipijahkan. Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan induk-induk yang matang gonad atau siap untuk dipijahkan.

Pemeliharaan induk ikan mas dilakukan dalam kolam tanah dengan luas antara 50-100 m2 menyesuaiakn dengan lokasi yang Anda miliki. Tempat lain sebagai wadah pemeliharaan induk adalah kolam air deras dengan luas antara 24-40 m2.

Dalam kegiatan pemeliharaan induk, induk jantan dan betina dipelihara secara terpisah. Ikan mas termasuk jenis ikan konsumsi yang mudah memijah jika jantan dan betina sudah disatukan sehingga dikhawatirkan terjadi pemijahan liar.

Pemijahan Ikan Mas

Dalam usaha budidaya pembenihan ikan mas, terdapat dua tipe pemijahan, yakni pemijahan alami dan buatan. Pada pemijahan alami proses perkawinan dan pembuahan sel telur oleh sperma dilakukan sendiri oleh si ikan. Sedangkan dalam pemijahan buatan diperlukan bantuan manusia seperti penyuntikan dengan hipofisa, penyuntikan hormon dan pembuahan in vitro.

Pendederan  Benih

Pendederan pertama dilakukan pada larva yang telah berumur 7 hari. Larva dipindahkan ke kolam pendederan dari kolam penetasan telur. Pendederan bisa dilakukan di kolam yang biasa digunakan untuk budidaya pembesaran.

Kepadatan tebar untuk pendederan pertama adalah 100-200 ekor/m2. Kedalaman air kolam diatur sekitar 60 cm. Sirkulasi air jangan terlalu deras karena benih masih kecil. Masukan dan keluaran air diberi saringan halus. Tujuannya agar hama seperti kodok dan kecebong tidak masuk ke dalam kolam dan bersaing dengan benih ikan.

Pakan yang dibutuhkan untuk pendederan tahap pertama adalah biota air yanng ditumbuhkan dalam kolam. Pakan tersebut cukup untuk benih yang masih kecil. Sebagai tambahan bisa diberikan pelet halus. Lama pemeliharaan pendederan pertama sekitar 4 minggu. Dealam tempo tersebut akan dihasilkan benih ikan berukuran 2-3 cm.

Panen Pembenihan Ikan Mas

Lama waktu yang dibutuhkan untuk proses pembenihan ikan mas, mulai dari ikan dipijahkan hingga pendederan ke empat sekitar 4,5 bulan. Selanjutnya, benih ikan dijual ke petani pembesaran. Kebutuhan benih untuk budidaya pembesaran biasanya berukuran 100 gram per ekor.

Sekian dulu info dari saya Cara Pembenihan Ikan Mas, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan saya berikutnya. Sampai jumpa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciri-ciri Ikan Nila Siap Kawin Banyak

Cara Ikan Bertelur

Cara reproduksi ikan