Bagaimana Proses Perkembangbiakan Pada Ikan

Bagaimana Proses Perkembangbiakan Pada Ikan - Ikan jantan memiliki sepasang testis (kelenjar kelamin jantan) yang menghasilkan sel sperma. Sel sperma dialirkan keluar tubuh melalui saluran sperma (vas deferens) yang bermuara di lubang urogenital. lkan betina memiliki sepasang ovarium atau indung telur (kandung telur) yang menyatu. Sel telur dikeluarkan dari tubuh melalui saluran telur atau oviduk yang bermuara di lubang urogenital.
Bagaimana Proses Perkembangbiakan Pada Ikan
Bagaimana Proses Perkembangbiakan Pada Ikan
Proses pembuahan pada ikan yang terjadi di luar tubuh mempunyai banyak kelemahan. Risiko kegagalan pembuahan lebih tinggi dibandingkan dengan pembuahan di dalarn tubuh. Faktor yang mempengaruhi tingkat keberhasilan pembuahan di luar tubuh antara lain kuat arus air, bahaya dari predator, dan serangan penyakit (jamur dan virus).
Pembuahan di luar tubuh dapat berhasil karena setiap kali terjadi pembuahan, sel telur dan spermatozoa yang dihasilkan sangat banyak. Dengan demikian, akan mengurangi risiko kegagalan perkembangbiakan.

Lubang urogenital merupakan lubang pengeluaran sel kelamin keluar tubuh, sekaligus merupakan lubang pengeluaran urine karena kantung urine bermuara pada lubang urogenital. Lubang urogenital terletak di belakang anus.
Pada saat ikan betina akan bertelur, biasanya menjadi tidak tenang, bergerak ke sana kemari dan kadang-kadang meloncat ke atas permukaan air. Ikan tersebut akan mencari tempat yang berumput atau yang ada tumbuhan pelindung sebagai tempat bertelur. Pada waktu ikan betina bertelur, ikan jantan datang dan mengeluarkan sperma di sekitar sel telur, kemudian terjadilah pembuahan.

Ikan betina yang siap bertelur bergerak mengitari ikan jantan. Ikan jantan yang telah menyiapkan sarang membawa betina mendekati sarang. Di depan sarang, ikan jantan merebahkan diri, sementara ikan betina melalui si jantan dan masuk ke sarang. Ikan jantan mendorong ekor ikan betina. Di dalam sarang ikan betina bertelur. Setelah bertelur ikan betina keluar sarang, kemudian ikan jantan masuk sarang untuk membuahi telur-telur tadi. Selain itu, ikan jantan juga bertugas melindungi telur-telur dan ikan-ikan muda yang baru menetas.

ALAT PERKEMBANGAN PADA IKLAN

Alat perkembangbiakan ikan jantan berbeda dengan alat perkembangbiakan betina.

Alat perkembangbiakan ikan jantan terdiri atas:


  • Testis, jumlahnya sepasang, berfungsi untuk memproduksi sperma.
  • Vas deferents, jumlahnya sepasang, sebagai saluran sperma dari testis.
  • Urogenital, sebagai muara dari saluran kelamin dan saluran ekskresi.


Alat perkembangbiakan ikan betina


  • Ovarium, jumlahnya sepasang berfungsi untuk memproduksi sel mtelur (ovum).
  • Oviduct, jumlahnya sepasang, fungsinya sebagai saluran telur dari ovarium.
  • Urogenital, sebagai muara dari saluran kelamin dan saluran pengeluaran (ekskresi).

PROSES PERKEMBANGBIAKAN IKAN

Setelah ikan betina melepaskan telurnya didalam air,ikan jantan akan melepaskan sperma diatas telur-telur rersebut. Jika terjadi pembuahan maka akan terbentuk ziigot. Zigot tersebut dapat berkembang dengan cepat. Dalamwaktu kurang lebih 36 jam setelah pembuahan pada bagian atas kuning telur sudah tampak adanya embrioyang menyerupai berudu. 12 jam kemudian ikan kecil akan keluar dari selaput pembungkusnya dan bergerak didalam air.

Komentar

  1. terimakasih infonya sangat menari, jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2nPYhzK

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciri-ciri Ikan Nila Siap Kawin Banyak

Cara Ikan Bertelur

Cara reproduksi ikan