Proses Cara Pembuahan Pada Ikan

Proses Cara Pembuahan Pada Ikan - Ikan merupakan anggota vertebrata poikilotermik (berdarah dingin) yang hidup di air dan bernapas
dengan insang. Jenis ikan beraneka ragam, terdapat lebih dari 27, 000 jenis species di seluruh dunia. Untuk melestarikan jenisnya ikan perlu bereproduksi. Ikan bereproduksi dengan cara seksual. Pembuahan terjadi diluar tubuh induk, yaitu di dalam air. Sekali bertelur ikan mampu menghasilkan ribuan telur yang tidak dilindungi oleh cangkang. Apabila telur tidak dibuahi oleh sperma, maka terlur tersebut tidak akan berkembang. Telur yang telah dibuahi selanjutnya ada yang dibiarkan terapung-apung dalam air, ada yang ditempatkan dalam sarang dan dijaga oleh induknya, ada yang ditempelkan pada tumbuhan dalam air, serta ada pula yang disimpan di dalam rongga mulut induk betinanya hingga menetas.
Proses Cara Pembuahan Pada Ikan
Proses Cara Pembuahan Pada Ikan


Organ Reproduksi Ikan Jantan

Organ reproduksi pada ikan sering disebut dengan gonad. Gonad ikan jantan terdiri dari sepasang testis yang pada umumya berwarna putih atau kekuningan. Letak testis menggantung pada dinding tengah rongga perut (abdomen). Testis berfungsi menghasilkan spermatozoa. Spermatozoa yang berasal dari testis akan dialirkan ke saluran sperma (vas deferens), kemudian menuju lubang urogenital. Lubang urogenital adalah lubang tempat bermuaranya saluran kelamin dan saluran urin. Melalui lubang urogenital inilah spermatozoa akan dikeluarkan. Letak saluran urogenital berdekatan dengan anus. Beberapa jenis ikan bersifat hermafrodit di mana satu ikan memiliki dua jenis kelamin dan mampu memproduksi ovum dan sperma. Ikan yang bersifat hermafrodit dapat memiliki dua jenis kelamin secara bersamaan atau jenis kelaminnya berganti seiring dengan perkembangan. Ikan Poecilia formosa adalah ikan hermafrodit yang berkembang biak secara partenogenesis di mana telur berkembang langsung menjadi embrio tanpa dibuahi.

Organ Reproduksi Ikan Betina

Organ reproduksi atau gonad ikan betina terdiri dari ovarium yang berwarna bening kemerahan seperti agar-agar. Ovarium terletak di dekat usus, mengisi dua pertiga rongga perut atau hampir menutupi organ-organ tubuh. Ovarium berfungsi menghasilkan sel telur atau ovum. Ovum keluar dari ovarium menuju oviduk atau saluran telur kemudian menuju lubang urogenital. Dari lubang urogenital inilah ovum yang telah siap dibuahi akan keluar.

ALAMI

Secara alami, ikan betina akan mengeluarkan telur-telur kosong ke atas permukaan air atau di bawah permukaan air. Ikan jantan dan betina akan saling gelisah dan saling mengejar, kemudian ikan jantan akan merangsang kelamin betina dengan punggungnya.
Kemudian ikan jantan akan mengeluarkan berjuta-juta sel sperma yang berenang menuju sel-sel telur yang menunggu untuk dibuahi. Tidak semua sel sperma akan berhasil menemukan sel telur. Sementara sel telur yang dibuahi akan segera dilapisi suatu selaput keras yang mencegah sperma lainnya memasuki sel ovum yang sama.

BANTUAN MANUSIA

Secara buatan, manusia berperan penting dalam pemijahan ikan yang dilakukan secara manual. Sebelum dilakukan pembuahan, harus disediakan kolam yang optimal agar ikan tidak mengalami stress dan gagal.

Pertama-tama, kita harus membedah perut ikan jantan dan mengeluarkan kantong sperma untuk dikeluarkan spermanya ke dalam wadah.
Kemudian keluarkan sel telur betina yang sudah disuntik. Untuk ikan betina, tidak perlu membedah perut ikan, cukup tekan saja bagian sel kelaminnya agar sel telur bisa keluar.
Sel telur dan sel sperma disatukan bersama perlahan dalam suatu wadah kosong dan diaduk perlahan dengan benda yang halus dan tipis. Setelah tercampur, tambahkan air bersih ke dalam wadah sebagai habitat asli larva kecil ikan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciri-ciri Ikan Nila Siap Kawin Banyak

Cara Ikan Bertelur

Cara reproduksi ikan